Sunday

Kenalilah Bos Anda!!

TAHUKAH Anda, bahwa salah satu dalil yang cukup penting bagi kesuksesan anda di kantor adalah ‘mengenali dan memahami kedudukan bos anda’? Memang, kedengarannya cukup klasik. Tetapi kalau anda memahami arti bos, dalam arti mengenali fungsi dan kedudukannya dengan baik, bisa memuluskan lajunya karir anda.

Mungkin selama ini Anda mengenal bos hanya sebagai pimpinan yang kerjanya memberi tugas ini itu pada anak buahnya. Ternyata, arti seorang bos tidaklah cukup hanya sebagai pemberi perintah. Untuk lebih jelasnya, coba deh simak arti di balik istilah bos versi John Brickerhoff dalam bukunya How to Get Along and Get Ahead dibawah ini.

Pengawas
Yang dimaksud pengawas adalah orang yang memberi tugas-tugas kepada anak buah, memeriksa pekerjaannya, dan menilainya. Karena itu sebagai anak buah, anda dituntut mengerjakan tugas yang diberikan oleh bos sebaik-baiknya. Sekaligus menjaga kredibilitas dan profesionalisme anda. Sekali saja kredibilitas anda ‘cacat’ di mata sang ‘pengawas’, langkah anda akan tersendat.

Penasehat
Seorang bos bisa membantu anda meniti karir dengan memberikan petunjuk-petunjuk dan pengarahan kepada anda. Dengarkan segala nasihat dan ikuti petunjuknya. Dengan menyimak dan melaksanakan petunjuknya secara serius, anda bisa meraih sukses paling tidak sama dengan apa yang diraih bos anda.

Panutan
Seorang bos bisa mengilhami anda untuk menjadi pemimpin yang sesungguhnya. Bisa jadi kharisma dan kesuksesan bos, akan memacu semangat dan gairah anda untuk menjadi seorang bos kelak. Sehingga anda akan bekerja lebih keras dan giat lagi. Dalam hal ini seorang bos bisa juga diartikan sebagai guru yang dihormati, dikagumi dan dituruti.

Kekuatan
Dalam organisasi, bos melambangkan kekuatan dan kekuasaan. Di bawah kepemimpinannya, ada anak buah yang siap membantu tugasnya. Dengan sekali perintah, anak buah akan mengerjakan segala instruksinya. Selain itu dalam organisasi, bos adalah orang yang diharapkan dapat memajukan perusahaan, berdasarkan divisi yang dipimpinnya masing-masing.

Nah, bagaimana anda memandang bos anda sendiri? Apakah anda menganggap bos sebagai pengawas, penasehat, panutan, lambang kekuatan, atau semuanya? Mungkin pandangan-pandangan ini terdengar ‘naif’ karena di jaman sekarang sudah banyak bos yang bersikap bak layaknya seorang teman atau sahabat bagi anak buahnya.

Tetapi pada dasarnya pandangan secara hirarkis terhadap bos dapat melatih anda untuk lebih peka, menghormati, menghargai dan respek terhadap orang-orang yang memang tidak ‘segaris’ dengan anda. Dan hal ini, walau nggak berpengaruh langsung tetapi dapat membantu anda menuju sukses. ast

1 comment: