Monday

"Tweeps" dan "Woot" Pun Masuk Kamus Oxford

Popularitas Twitter yang mendunia tidak hanya melahirkan cara baru berkomunikasi di abad 21 tetapi turut menambah kosakata baru. Tercatat dua kata baru yang masuk dalam kamus besar bahasa Inggris, Oxford.

Dua kata itu adalah tweep dan woot. Tweep secara harfiah diartikan sebagai seseorang yang telah menjadi teman atau pengikut akun yang terdaftar di twitter. Sedangkan woot merupakan istilah yang mengambarkan ekspresi kegembiraan dalam forum diskusi.

Tahun sebelumnya, frasa tunggal yang digunakan Perdana Menteri Inggris, David Cameron, "Big Society" merupakan frasa baru yang masuk dalam kamus bahasa Inggris Oxford. Frase big society memiliki arti konsep politis dari nilai tanggung jawab menjalankan layanan masyarakat yang diserahkan kepada masyarakat setempat dan para relawan. Frase ini sempat mendapat kritik selama pemilihan lantaran dinilai ambigu.

Juru bicara Kamus Oxford, Susie Dent, mengatakan big society layak untuk dijadikan frasa baru lantaran mencakup mood politik dan ekonomi. "Frase tersebut memiliki arti yang luas, dan dapat pula berdiri sendiri. Dua hal ini sudah memenuhi syarat-syarat ilmu lingustik." papar Dent seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (24/11).

Sebelumnya, vuvuzela telah masuk menjadi keluarga baru kosa kata kamus besar bahasa inggris Oxford. Kata lain yang juga lebih dulu masuk adalah "boris bike" atau "sepeda boris'.



sumber : http://www.republika.co.id

No comments:

Post a Comment